Perlunya Helm untuk Berkendara

Kemarin saya melihat banyak sekali pemuda yang ingin menuju ke stadion Ketonggo Ngawi. Kemarin di stadion Ketonggo Ngawi memang ada pertandingan sepakbola. Tetapi para pendukung yang ingin melihat pertandingan sepakbola itu tidak memakai helm padahal di jalan raya banyak sekali kendaraan yang melintas.

Saya kemarin menuju ke kampus. Di jalan tepatnya di jalan raya Klitik, saya melihat banyak pemuda yang memakai baju merah-merah yang berkendara berlawanan arah dengan saya. Mereka ada yang wajahnya di cat, ada yang membawa bendera. Mereka berkendara menggunakan sepeda motor dengan membunyikan suara motor yang agak keras. Ternyata mereka ingin menonton pertandingan sepakbola di stadion Ketonggo Ngawi dengan melihat dari baju yang mereka kenakan itu.

sumber gambar : kuliah-online.us

Mereka datang berombongan hingga ruas jalan raya penuh dengan kendaraan sepeda motor. Ada yang kurang dari mereka para pendukung sepakbola yaitu mereka tidak mengenakan helm saat berkendara. Padahal banyak sekali kendaraan yang melintasi jalan raya. Mulai dari pengguna sepeda, pengguna sepeda motor, bus, truk dan lain-lain. Tak jarang kendaraan yang berukuran besar pun melintasi jalan tersebut. Hal itu sangat berbahaya sekali bila mereka tidak memakai helm saat berkendara.

Bila pengguna kendaraan bermotor tidak memakai helm maka akan sangat berbahaya jika melintasi jalan raya. Di jalan raya bisa terjadi kecelakaan apabila pengguna kendaraan berkendara secara ugal-ugalan. Ditambah pula pengguna kendaraan bermotor yang tidak memakai helm saat berkendara. Hal itu bila terjadi kecelakaan akan sangat fatal bahayanya. Bahkan pula bisa mengakibatkan pengendara sepeda motor meninggal dunia karena kepala tidak terlindungi. Kita berharap hal itu tidak terjadi pada kita semua.

Melihat hal seperti itu, para pengguna sepeda motor seyogianya menggunakan helm apabila berkendara di jalan raya. Hal itu bisa memberikan kita rasa aman dalam berkendara. Dengan helm kita dapat meminimalisir bahaya apabila terjadi kecelakaan. Helm dirancang memang untuk melindungi organ vital kita, yaitu kepala. Di dalam kepala kita terdapat otak yang berfungsi sebagai pusat untuk kita berfikir. Apabila terjadi benturan pada kepala kita akan sangat berpengaruh serius bila kita tidak memakai helm saat berkendara. Dengan kita memakai helm, bahaya benturan seperti itu bisa diminimalisir.

Polisi pun harusnya memperingatkan kepada para pengendara sepeda motor untuk memakai helm jika berkendara di jalan raya. Dalam peraturan berkendara di jalan raya pun para pengguna sepeda motor wajib mengenakan helm. Entah dalam suasana apapun, ada acara apapun pengendara sepeda motor wajib mengenakan helm saat berkendara. Termasuk pula para suporter sepakbola tersebut.

Apabila pengendara sepeda motor membandel tidak memakai helm, polisi berhak untuk memberikan surat tilang kepada orang tersebut. Hal itu supaya memberikan efek jera kepada pengguna kendaraan yang membandel itu. Pengguna sepeda motor menjadi bijaksana dalam berkendara.

Polisi kadang mengalami kesulitan untuk mengatasi pengguna sepeda motor yang tidak mengenakan helm. Seperti dalam kejadian tersebut diatas, yaitu kelompok suporter sepakbola. Mereka jumlahnya sangat banyak sedangkan jumlah polisi – dalam hal ini polisi lalu lintas – sedikit. Maka polisi cukup kesulitan untuk mengatasinya. Polisi hanya bisa mengatur lalu lintasnya saja, sedangkan para pengguna sepeda motor yang “membandel” kadang terabaikan. Hal itu kembali lagi pada para pengguna sepeda motor itu sendiri. Pengguna sepeda motor yang baik tentunya akan mematuhi peraturan dalam berkendara. Jika mereka sadar tentunya mereka akan memakai helm saat berkendara.

Kita berharap pengguna sepeda motor akan sadar dalam berkendara. Termasuk pula para suporter bola tersebut. Semoga sarana transportasi di Indonesia aman untuk dilewati semua pengguna kendaraan. Dan semoga angka kecelakaan di Indonesia menjadi berkurang. Kita bersyukur bila tidak ada kecelakaan lagi di jalan raya di Indonesia.

2 thoughts on “Perlunya Helm untuk Berkendara”

  1. saya setuju dengan pendapat anda, karena dengan memakai helm saat berkendara sangat diperlukan untuk menjaga keselamatan kita… :-)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s