Budaya Menulis di Indonesia

Orang-orang Indonesia saat ini kurang atau minim budaya tulis-menulis. Baik itu orang kota maupun orang desa, khususnya bagi orang dewasa. Budaya menulis seakan budaya yang cukup langka di negara ini. Jarang sekali kita jumpai orang di sekitar kita yang mempunyai budaya menulis. Kita lihat saja teman-teman kita, tetangga kita kebanyakan mereka jarang menulis. Tetapi apabila ada yang rajin menulis itu merupakan suatu kebanggaan bagi dirinya sendiri.

Menulis yang dimaksud di sini adalah menulis sesuatu yang bermutu, positif, bermanfaat dan bisa menginspirasi orang-orang dalam hal ini para pembaca untuk melakukan sesuatu yang positif. Sehingga dari hal itu bisa menjadikan masyarakat sejahtera yang diperoleh dari kegiatan membaca dan menulis tersebut.

sumber gambar : catatansyamsul.wordpress.com

Ada orang yang berpendapat, bahwa orang yang suka menulis itu juga orang yang suka dengan budaya membaca. Sebaliknya orang yang suka membaca itu belum tentu orang itu suka dengan budaya menulis. Menurut saya ada benarnya juga dengan pendapat tersebut. Kerena menulis itu dibutuhkan suatu ilmu atau pengetahuan dari seseorang.

Menulis tidak hanya bisa dilakukan dengan media kertas saja. Menulis bisa saja menggunakan media internet yang merupakan media yang modern saat ini. Di internet bisa kita jumpai penyedia layanan untuk menyimpan dan juga mempublikasikan tulisan kita kepada orang lain. Ada Blog untuk menyediakan kita wadah untuk menulis di internet. Ada juga layanan media jejaring sosial untuk menyalurkan budaya menulis kita. Dengan media internet kita bisa berbagi ilmu kepada orang lain.

Saat ini banyak penyedia layanan Blog, baik gratis maupun berbayar. Hal itu membuat kita para pengguna internet seakan dimanjakan oleh penyedia layanan Blog tersebut untuk mengekspresikan diri. Kita bisa membagikan cerita, pengalaman, ide kita kepada orang lain. Bukan hanya tulisan saja yang dapat kita publikasikan kepada khalayak, tetapi juga foto-foto kita, gambar-gambar kita pun bisa juga kita publikasikan.

Memang saat ini sedang tren budaya menulis di internet. Saat ini masyarakat Indonesia sedang menunjukkan perkembangan budaya menulis khususnya menulis dengan Blog. Hal itu merupakan sesuatu yang positif karena bisa meningkatkan kesadaran akan manfaat teknologi dalam hal ini sebagai media untuk menulis.

Dengan adanya budaya menulis itu dapat memberikan banyak manfaat kepada kita. Bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga orang lain pun dapat memetik manfaatnya juga. Bagi penulis sendiri, penulis menjadi semakin peka terhadap perkembangan jaman. Dengan adanya perkembangan budaya menulis dapat menambah kekayaan ilmu pengetahuan bagi orang lain apabila ilmu itu disebarkan kepada orang lain.

Semoga dengan semakin maju dan berkembangnya budaya menulis di kalangan masyarakat pada khususnya, dan warga Indonesia pada umumnya dapat menjadikan masyarakat kita sadar ilmu pengetahuan. Terlebih lagi menjadikan negara Indonesia tercinta semakin maju, dapat bersaing dengan negara-negara lain, khususnya negara tetangga kita.

Salam.

Udin Widarso

Ini adalah postingan pertama saya di WordPress.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s