Akibat Narkoba

Akhir-akhir ini sedang maraknya pemberitaan terkait kasus narkoba. Ada peristiwa tragedi Tugu Tani yang menewaskan sembilan orang yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Di balik kejadian itu muncul nama Afriyani Susanti yang menjadi pelaku penabrakan sembilan orang hingga tewas tersebut. Ternyata pelakunya mengendarai mobil yang sebelum kejadian dia mengkonsumsi obat terlarang alias narkoba.

Afriyani sebelum menabrak orang, dia mengkonsumsi obat jenis narkotika. Akibat mengkonsumsi narkoba dia tidak bisa mengendalikan dirinya sendiri, sehingga mobil yang dikendarainya tidak terkendali dan akhirnya menabrak sembilan orang hingga meninggal. Afriyani pun masuk TV dan menjadi terkenal. Terkenal bukan karena prestasi yang diraihnya tetapi terkenal karena kasus narkoba yang menjeratnya.

Ada juga peristiwa yang masih hangat yang terjadi belakangan ini. Beberapa pilot di salah satu maskapai penerbangan di Indonesia juga terlibat mengkonsumsi narkoba. Sungguh ironis memang. Narkoba tidak hanya merenggut kalangan biasa misalnya pelajar, artis tetapi juga kalangan profesional seperti seorang pilot tersebut.

Padahal narkoba dan sejenisnya termasuk obat yang terlarang penggunaannya. Narkoba banyak menimbulkan kerugian bagi pengkonsumsinya. Apalagi yang mengkonsumsi itu adalah seorang pilot yang mengendalikan pesawat terbang. Itu akan sangat berbahaya sekali. Tanggung jawab seorang pilot tidak bisa dibilang remeh, tanggung jawab seorang sangat besar.  Seorang pilot harus bertanggung jawab terhadap keselamatan penumpangnya.

Dalam berita di televisi, seorang pilot tersebut sebelum terbang dengan pesawatnya dia mengkonsumsi narkoba dahulu. Hal itu sangat membahayakan sekali. Bagaimana kalau ketika pesawatnya terbang di udara, pilotnya tidak sadarkan diri karena efek dari narkoba yang dikonsumsinya. Kemudian melintasi laut dan pesawat mengalami oleng atau terjadi ketidakseimbangan. Hal tersebut bukan kerusakan mesinnya akan tetapi terjadi kesalahan pada sang pilot itu sendiri. Sang pilot ternyata tidak sadarkan diri akibat dari mengkonsumsi narkoba sebelumnya. Bagaimana kalau hal itu terjadi? Sangat ngeri sekali bila dibayangkan.

Untung saja pilot itu berhasil ditangkap. Dari peristiwa itu kemudian menjadi topik pemberitaan di media. Setelah ketahuan bahwa pilot di maskapai penerbangan tersebut mengkonsumsi narkoba, maskapai tersebut berbenah diri. Pilot-pilotnya kemudian diperiksa satu-persatu apakah ada pilot yang lain yang mengkonsumsi narkoba. Mungkin apabila salah seorang pilotnya tidak ketahuan mengkonsumsi narkoba, pastilah tidak ada pemeriksaan semacam itu.

Apabila sudah tersiar kabar seperti itu, mungkin maskapai penerbangan yang bersangkutan mulai diragukan kinerjanya oleh para konsumen dalam hal ini para penumpang. Itulah akibatnya apabila terjadi penyalahgunaan obat-obatan narkoba dan sejenisnya. Hanya seorang atau beberapa orang yang mengkonsumsi, tetapi yang lainpun ikut merasakannya. Dalam hal ini perusahaan tempatnya bekerja.

Saya setuju apabila seseorang yang mengkonsumsi narkoba tersebut harus ditindaklanjuti secara tegas. Misalnya saja dipecat dari pekerjaannya. Kemudian dihukum yang setimpal sesuai dengan perbuatannya.   Tujuannya yaitu agar pelaku sadar bahwa perbuatannya itu merugikan diri sendiri dan juga merugikan orang lain. Selain itu juga agar pelakunya menjadi jera dengan narkoba dan tidak mengkonsumsinya lagi.

Untuk mencegah generasi-generasi yang bebas dari narkoba diperlukan suatu penyuluhan tentang bahaya narkoba. Penyuluhan itu dari dinas terkait atau dari pakar yang lain. Penyuluhan itu bisa dilakukan di sekolah-sekolah, di kantor-kantor, dan bisa juga dilakukan di tingkat desa, dan sebagainya. Selain itu, kita harus memilih pergaulan yang benar. Dan lebih penting yaitu berasal dari diri kita masing-masing untuk menjauhi barang haram dan berbahaya tersebut.

Kita tidak ingin peristiwa tabrakan maut seperti di Tugu Tani itu terulang kembali hanya karena sopir yang menabrak itu kedapatan mengkonsumsi narkoba. Dan juga seperti pilot maskapai penerbangan yang bersangkutan tersebut memakai narkoba.

Semoga para generasi bangsa Indonesia terbebas dari jerat narkoba. Kita ingin Indonesia menjadi negara yang maju dan sejahtera.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s