Pariwisata Ngawi, Tunjukkan Pesonamu !

Setiap daerah mempunyai potensi pariwisata masing-masing. Tak terkecuali di Ngawi. Ngawi mempunyai obyek wisata yang indah. Namun, masyarakat kurang mengenal pesona wisata di daerah Ngawi. Untuk memperkenalkan dan mempromosikan wisata di Ngawi, Pemda Ngawi berupaya mengiklankan  obyek wisatanya.

Saya biasa melewati jalan Basuki Rahmat. Ketika mendongak ke atas, saya menjumpai reklame berukuran besar. Reklame itu dipasang tepat di atas jalan raya. Tak seperti biasanya. Biasanya reklame yang dipasang di tempat itu adalah berisi iklan kretek. Ya, iklan rokok yang biasanya terpampang di situ. Tetapi ini lain. Iklan yang dipasang adalah iklan pariwisata Ngawi. Bertuliskan “Visit Ngawi 2012”. Iklan itu menghadap ke timur. Membuat para pengguna jalan dari sebelah timur untuk meliriknya.

Reklame bergambarkan pemandangan hijau bertuliskan “Pemandangan Obyek Wisata Jamus”. Ditambah potret Bupati Ngawi beserta dengan wakilnya. Tidak hanya itu obyek wisata yang dipromosikan. Obyek wisata Waduk Pondok. Obyek wisata Museum Trinil. Obyek wisata Tawun.

Dari beberapa obyek wisata tersebut yang paling ditonjolkan adalah pemandangan obyek wisata Jamus. Di bawah sendiri dari reklame itu terdapat motto “Terwujudnya Ngawi Sejahtera dan Berakhlak dengan Berbasis Pembangunan Desa”. Motto itu bisa diterjemahkan kira-kira sebagai berikut : Menjadikan Ngawi menjadi sebuah daerah yang sejahtera dan rakyatnya mempunyai akhlak yang baik berdasarkan dengan pembangunan desa.

Ketika saya melewati jalan Ahmad Yani tepatnya di depan stadion Ketonggo Ngawi, juga terpasang papan reklame. Tidak hanya di jalan Basuki Rahmat saja reklame pariwisata Ngawi dipasang. Pemda Ngawi sepertinya memilih tempat yang strategis untuk pemasangan iklan pariwisatanya. Memang di kedua jalan tersebut kendaraan yang berlalu lalang begitu padat. Sehingga Pemda Ngawi memilih kedua tempat tersebut untuk menunjukkan “pesona” yang dimilikinya.

Untuk di jalan Ahmad Yani, papan reklame itu menghadap ke utara. Berisi gambar pemandangan “Obyek wisata Air Terjun Pengantin”. Obyek wisata itu terletak di desa Hargomulyo Ngawi. Memang, air terjun pengantin kurang dikenal oleh masyarakat pada umumnya. Mungkin obyek wisata itu baru dibuka atau diresmikan. Untuk memopulerkannya Pemda Ngawi memasang reklame di tempat tersebut.

Di tengah kemajuan sektor pariwisata di Indonesia, Ngawi mempunyai andil juga untuk mempromosikan keindahan wisata yang dimilikinya. Semula papan reklame itu berisi iklan rokok. Oleh Pemda yang bersangkutan dipasanglah iklan pariwisata Ngawi. Hal itu terbukti dengan dipasangnya reklame raksasa di kedua jalan tersebut.

Yang dilakukan oleh Pemda Ngawi terkait promosi pariwisata Ngawi menurut saya adalah hal yang tepat. Mengingat masyarakat Indonesia pada umumnya dan masyarakat Ngawi pada khususnya, jarang yang banyak mengetahui Obyek wisata yang dimiliki Ngawi sendiri. Orang Ngawi kalau ditanya mengenai obyek wisata yang dimilikinya, mungkin mereka menjawab mengenal obyek wisata hanya sedikit saja. Mungkin hanya satu atau dua.

Selain untuk memperkenalkan obyek wisata yang dimiliki Ngawi kepada masyarakat, akan menambah juga pendapatan daerah pada umumnya, dan pendapatan masyarakat di sekitar obyek wisata itu pada khususnya. Jika obyek wisata Ngawi sudah dikenal masyarakat, maka bisa meningkatkan pengunjung yang datang untuk berwisata. Hal itu akan menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat Ngawi. Masyarakat di sekitar lokasi wisata bisa mendirikan warung-warung, penginapan-penginapan, termasuk juga jasa penitipan sepeda motor, he he he. Pendapatan daerah bertambah dan juga pengangguran bisa berkurang.

Selain promosi, jangan dilupakan juga soal akses untuk menuju ke tempat lokasi wisata tersebut. Mengingat lokasi obyek wisata di Ngawi kebanyakan terletak di pedesaan. Jalan untuk menuju ke lokasi wisata tidak jarang kondisinya bergelombang. Misalnya saja, saya pernah ke Jamus yang kondisi jalannya kurang “ramah”. Kendaraan mengalami goncangan-goncangan, sehingga membuat pengendara kurang nyaman akan hal itu. Hal itu menjadi PR bagi Pemda Ngawi khususnya menyangkut akses jalan menuju ke lokasi wisata. Minimal kondisi jalannya diperbaiki. Sehingga meningkatkan kenyamanan  bagi pengunjung ketika berkendara menuju lokasi wisata tujuan.

Semoga sektor pariwisata di Ngawi bisa berkembang. Bisa dikenal oleh khalayak luas. Masyarakat Ngawi, khususnya masyarakat pedesaan bisa sejahtera. Bisa terwujud cita-cita Ngawi sesuai dengan mottonya, “Terwujudnya Ngawi Sejahtera dan Berakhlak dengan Berbasis Pembangunan Desa”. Dan yang terpenting yaitu berani menunjukkan pesona. Pariwisata Ngawi, tunjukkan pesonamu!

Salam,

Udin Widarso.

2 pemikiran pada “Pariwisata Ngawi, Tunjukkan Pesonamu !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s