Jembatan Tanpa Penerangan di Malam Hari

Jembatan berguna untuk tempat menyeberang dari satu daerah menuju ke daerah lain. Jembatan berguna untuk lalu lintas kendaraan. Jembatan yang dibangun di atas sungai memudahkan menyeberang ke tempat seberang. Pada siang hari jembatan terlihat jelas. Maksudnya, jalannya terlihat jelas karena disinari oleh sinar matahari. Bila malam tiba, jembatan diterangi oleh sinar lampu sebagai alat penerangan. Tetapi bagaimana bila pada malam hari di jembatan tidak ada lampu? Tidak ada alat penerangan?

Jembatan yang tidak ada lampu atau alat penerangan itu adalah jembatan baru di Ngawi. Jembatan itu selesai dibangun ketika saya masih SMA. Waktu itu kalau tidak salah ketika saya kelas XII SMA pada tahun 2009. Jembatan itu menghubungkan antara desaku yaitu desa Kartoharjo dengan desa Beran. Jembatan itu dibangun di atas kali Madiun.

Saya sering sekali melewati jembatan tersebut. Saya biasa melewatinya dengan naik sepeda motor atau dengan sepeda pancal milik saya. Semua kendaraan bisa melewati jembatan itu. Mulai dari sepeda, sepeda motor, mobil, bus, hingga truk  bisa lewat di jembatan itu. Tak hanya bus atau truk yang berukuran kecil saja, bus atau truk yang berukuran besar pun bisa melewatinya. Memang jembatan itu dibuka untuk semua jenis kendaraan.

Dulu yang semula kendaraan yang berukuran besar seperti bus dan truk boleh lewat jalan menuju kota Ngawi. Tetapi sekarang kendaraan-kendaraan besar itu dialihkan ke jembatan yang baru itu. Jadi kalau ada kendaraan besar yang melewati Ngawi harus lewat jembatan tersebut.

Nah, ini cerita saya ketika melewati jembatan itu. Ketika saya melewati jembatan itu pada malam hari, tidak ada nyala lampu di jembatan itu. Jembatan itu cukup gelap pada malam hari jika tidak ada kendaraan yang menyalakan lampu pada waktu itu. Sesudah Maghrib saja jembatan itu sudah agak gelap. Memang jembatan itu tidak ada lampu yang meneranginya pada malam hari.

Bila pengendara sepeda yang melewati jembatan itu pada malam hari mungkin agak berbahaya karena tidak ada penerangan.  Mengingat di sebelah barat dari jembatan itu jalannya berbelok.  Bila orang yang melewati jembatan itu  tanpa alat penerangan, mungkin bisa menabrak pagar jalan atau nyemplung ke kali. Itu hanya kemungkinan saja. Harapan kita semoga pengguna jembatan tidak ada yang nyemplung ke kali. Dan jalan di timur jembatan itu tidak ada pagar pembatasnya.  Beruntung bila pesepeda itu melewati jembatan bersama dengan kendaraan bermotor yang menyalakan lampu. Itu bisa menjadi alat penerangan bagi pesepeda tersebut.

Selain itu aspal di jembatan itu ada yang tidak rata. Di sebagian aspal jalan jembatan terdapat lubang. Tetapi lubang itu hanya lubang kecil yang membuat jalan di jembatan itu tidak rata. Jadi jalan di jembatan itu sedikit bergelombang saja. Mungkin yang membuat jalan itu bergelombang karena jalan itu dilewati kendaraan yang berukuran besar. Mengingat jembatan itu dilewati kendaraan berukuran besar setiap hari. Mungkin itu bisa sedikit membahayakan bagi pengguna kendaraan yang tidak ada alat penerangannya pada malam hari.

Untuk menghindari kejadian yang buruk bagi pengguna jalan di jembatan itu pada malam hari seperti tersebut di atas, seyogianya di jembatan itu dipasang alat penerangan. Alat penerangan seperti lampu bisa menjadikan jembatan itu lebih aman untuk dilintasi. Dari yang semula suasana di jembatan itu gelap kemudian dipasang lampu menjadi teranglah jembatan itu. Pengendara sepeda bisa melihat jelas jalan itu. Pengendara sepeda bisa menghindari aspal yang bergelombang karena diterangi lampu.

Yang memasang lampu jembatan itu khususnya yaitu Pemerintah Kota Ngawi. Pemkot Ngawi seharusnya sadar akan hal itu. Jembatan yang tidak ada lampunya seakan-akan jembatan itu kurang terawat dengan baik. Jembatan itu  seakan cenderung diabaikan.

Bila di jembatan itu dipasang lampu maka jembatan itu akan menjadi aman untuk dilewati semua pengendara, tidak terkecuali untuk pesepeda. Tidak hanya itu saja manfaat lampu jembatan. Dengan adanya lampu maka jembatan pun akan menjadi lebih indah pada malam hari. Lampu bisa memberikan kesan artistik bagi jembatan. Orang yang lewat di jembatan pun bisa terkesan melihatnya. Mungkin tidak seperti itu pada kenyataannya. Tetapi itu bisa memberikan nilai tambah bagi jembatan itu.

Yang kita inginkan yaitu kesadaran Pemkot Ngawi untuk memasang lampu untuk menerangi jembatan itu pada malam hari. Jembatan terang, pengguna pun aman. Semoga!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s