Berawal dari Futsal

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 16 Mei 2012 saya bersama dengan bebarapa temanku bermain futsal di salah satu arena futsal di Ngawi. Pada waktu itu kami bermain futsal sehabis kuliah. Kuliah saya memang pada waktu itu tidak sampai malam. Jadinya bermain futsalnya dimulai sekitar jam empat sore.

Sumber gambar : grosirfutsal.com

Bagi saya bermain futsal adalah hal yang menyenangkan. Saya sangat jarang sekali bermain futsal dengan teman-temanku. Saya sampai saat ini bermain futsal di arena futsal dengan teman-temanku yaitu hanya dua kali ini. Ceritanya saya ikut bermain futsal karena saya diajak oleh temanku. Saya bermain futsal itung-itung bisa berolahraga, membuat badan saya sehat, dan sebagai hiburan. Saya terima saja ajakan teman saya itu.

Saya termasuk orang yang kurang pandai bermain futsal dibandingkan dengan teman-teman saya. Karena seperti yang anda ketahui saya memang jarang sekali bermain futsal. He he he… Ada salah satu temanku yang rajin sekali bermain futsal. Dia rutin untuk bermain futsal hingga bermain futsal adalah menjadi olahraga kesukaannya. Teman saya itu yang pada waktu itu mengajak saya untuk bermain futsal adalah Yussep. Terkadang dia sehabis kuliah langsung bermain futsal dengan teman-temannya.

Jika saya perhatikan, permainan futsal di Ngawi pada saat ini sedang maraknya dan mungkin menjadi tren olahraga favorit di kalangan pemuda Ngawi. Tidak hanya kaum laki-laki saja yang suka bermain futsal, tetapi juga kaum perempuan pun begitu menggilai permainan yang tidak membutuhkan lapangan yang besar ini. Memang hanya sebagian saja kalangan perempuan yang suka bermain futsal ini.

Olahraga futsal memang tidak membutuhkan lapangan yang begitu besar seperti lapangan sepakbola. Untuk luas lapangan futsal kira-kira hanya seperempat luas lapangan sepakbola. Jadinya permainan futsal bisa dilakukan di lapangan yang kecil. Kalau di Ngawi saat ini sudah ada beberapa lapangan futsal di dalam ruangan atau indoor. Dengan tarif yang tidak terlalu menguras kantong, kita sudah bisa menyewa lapangan futsal selama satu jam.

Melihat antusiasme para pemuda Ngawi yang menyukai olahraga futsal, saya mempunyai pemikiran untuk menjadikan olahraga futsal menjadi olahraga yang maju di Ngawi. Itu hanya pemikiran sederhana saya saja untuk memajukan olahraga futsal di Ngawi. Apa salahnya bila saya memberikan ide untuk perkembangan olahraga futsal menjadi lebih baik? Memang ketika saya masuk di lapangan futsal, sudah banyak orang yang antre untuk bermain. Hal itu menunjukkan antusiasme pemuda untuk bermain futsal. Setidaknya itu menurut pendapat saya pribadi.

Untuk memajukan olahraga futsal alangkah baiknya kita harus menyeleksi para pemuda yang gemar bermain futsal. Hal itu bisa dilakukan salah satunya dengan membentuk saja organisasi futsal se-Ngawi. Beberapa hari yang lalu, saya sempat bertanya kepada teman saya kalau di Ngawi ini belum ada organisasi persatuan futsal. Apabila sudah terbentuk organisasi futsal maka akan memudahkan untuk mencari pemuda-pemuda yang berbakat bermain futsal.

Banyak manfaat dengan membentuk organisasi futsal. Selain akan memudahkan untuk mencari pemuda-pemuda yang berbakat bermain futsal, dengan organisasi futsal akan menjadikan wadah para pemuda untuk berkumpul, berdiskusi, dan pelatihan bermain futsal antar anggotanya. Dengan itu akan memudahkan antar anggotanya untuk berbagi tips dan trik bermain futsal dengan anggota lain. Sehingga anggota yang belum tahu menjadi tahu tips dan trik bermain futsal.

Jika sudah terkumpul pemuda-pemuda yang senang bermain futsal, maka akan mudah untuk melatih mereka dalam mendalami olahraga futsal. Sehingga bukan tidak mungkin mereka bisa menjadi pemain futsal yang profesional. Tentunya untuk mewujudkan hal itu dibutuhkan seorang pelatih futsal yang profesional juga.

Mengingat dalam event olahraga misalnya dalam SEA GAMES biasanya terdapat olahraga yang satu ini yaitu futsal. Mungkin saat ini negara-negara tetangga juga menyiapkan pemudanya untuk menjadi pemain futsal. Hal itu menjadikan ketatnya persaingan olahraga futsal dengan negara-negara tetangga kita. Dengan Indonesia mempunyai pemuda-pemuda yang berbakat bermain futsal maka hal itu akan memudahkan kita untuk meraih kemenangan.

Memang tidak mudah untuk mewujudkan hal itu. Pasti ada beberapa kendala yang menghalanginya. Entah itu masalah dana, pejabat daerah setempat (politik), atau yang lainnya. Setidaknya dengan melatih para pemuda berolahraga futsal, khususnya pemuda Ngawi, hal itu akan membentuk bibit-bibit baru pemain futsal yang profesional. Tidak hanya di daerah Ngawi saja, mungkin juga di daerah-daerah lainnya. Pasti banyak juga pemain futsal yang berbakat.

Kita berharap semua bidang olahraga di negara kita menjadi lebih baik, lebih maju lagi. Jika olahraga kita sudah maju, maka akan mudah negara kita untuk memenangkan persaingan dengan negara-negara lain. Gelar juara pun akan mudah untuk kita raih. Terutama dalam bidang olahraga futsal kita. Semoga saja.***

Udin Widarso

Tinggalkan Balasan

