Promosi Sepatu Dalam Negeri

Indonesia mempunyai potensi produksi yang bisa bersaing dengan produk luar negeri. Kualitas produk dalam negeri kita juga tidak kalah dengan kualitas produksi dari luar negeri. Produk barang kita juga bagus. Termasuk produk sepatu yang diproduksi oleh anak-anak Indonesia. Tetapi dari segi promosilah  (setidaknya menurut saya) yang kurang mendukung perkembangan produksi dalam negeri. Sehingga produk kita terdesak oleh produksi barang-barang dari luar negeri.

Kemarin (27/5), saya melihat berita di televisi yang menyiarkan berita Pak Dahlan Iskan (Menteri BUMN) melakukan aksi melempar sepatu di kawasan Bundaran HI, Jakarta. Sepatu yang dilempar beliau ternyata adalah sepatu produksi luar negeri. Pak Dahlan mencopot sepatunya karena mengajak penonton acara launching novel Sepatu Dahlan agar menggantinya dengan produk dalam Negeri.

Animasi Dahlan Iskan Ganti Sepatu. Sumber gambar : indopos.co.id

Ternyata pemerintah berniat untuk “mengangkat” produk sepatu buatan dalam negeri. Berarti pemerintah ikut mendukung produk dari dalam negeri. Mungkin juga hal itu sangat ditunggu-tunggu oleh para pengusaha sepatu kita.  Dengan itu pemerintah setidaknya bisa mengurangi beban rakyat Indonesia.

Sebenarnya promosi sepatu dalam negeri sebelumnya pernah dilakukan oleh bapak Jusuf Kalla saat menjadi Wakil Presiden. Saat itu Pak JK merazia para menteri yang mengenakan sepatu buatan luar negeri. Aksi ini sempat membuat pamor sepatu dalam negeri naik. Itu promosi yang dilakukan pemerintah tiga tahun yang lalu. (berita.liputan6.com tanggal 27/05/2012)

Di pasaran memang banyak juga dijual produk sepatu buatan luar negeri. Persaingan produk dari dalam negeri dengan produk dari luar negeri memang cukup ketat, khususnya dari produk sepatu. Jika kita melihat iklan di televisi, promosi sepatu kebanyakan dari produk luar negeri. Sepatu buatan lokal alias buatan Indonesia sendiri malah kurang sekali dilakukan promosi.

Saya setuju dilakukannya promosi produk sepatu dari dalam negeri oleh pemerintah kita. Setidaknya menurut saya, berikut beberapa keuntungan dari promosi produk sepatu dalam negeri :

  • Membantu mengenalkan produk sepatu dalam negeri kepada masyarakat. Masyarakat biasanya membeli produk sepatu yang sudah terkenal. Masyarakat membeli produk sepatu biasanya seperti yang diiklankan di televisi. Dengan pemerintah mempromosikan produk sepatu dalam negeri, setidaknya masyarakat mau membeli produk kita.
  • Membantu dan memperkuat produk dalam negeri di pasaran. Biasanya yang gencar melakukan promosi sepatu adalah perusahaan dari luar negeri. Sehingga produk mereka kuat di pasaran. Dengan mempromosikan produk sepatu dalam negeri, setidaknya pemerintah bisa membantu dan memperkuat produk dalam negeri di pasaran.
  • Membantu rakyat Indonesia, khususnya para pengusaha sepatu. Dengan pemerintah mempromosikan produk sepatu dalam negeri, maka pemerintah ikut membantu rakyat Indonesia, khususnya para pengusaha sepatu. Usaha mereka bisa berkembang dan menjadi lebih maju karena produk mereka diminati oleh masyarakat.
  • Meningkatkan pendapatan negara dari produk dalam negeri. Bila masyarakat mencintai produk dalam negeri sehingga menjadikan produk kita laris di pasaran, maka hal itu akan meningkatkan pendapatan negara kita yang berasal dari produk-produk kita sendiri.

Mungkin masih banyak lagi manfaat yang didapatkan dari mempromosikan produk dalam negeri yang belum saya tulis disini. Mungkin Anda bisa menyebutkan keuntungan yang lainnya. Malah Anda bisa menyebutkan lebih dari yang saya sebutkan.

Terakhir, semoga dengan promosi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap produk dari dalam negeri, khususnya produk sepatu kita akan menjadikan negara kita semakin sejahtera. Produk kita semakin dikenal oleh masyarakat, yang pada akhirnya dapat menyejahterakan rakyat Indonesia. Pemerintah jangan hanya mengajak rakyatnya untuk berkata, “Aku cinta produk Indonesia” tanpa diawali dari pemerintah untuk mencintai produk sendiri. ***

Udin Widarso

2 pemikiran pada “Promosi Sepatu Dalam Negeri

  1. Bukan hanya lantaran persoalan naisonalisme ketika promo produk sepatu dalam negeri ini digencarkan, pak udin, melainkan juga demi masa depan pengusaha kelas bawah dan menengah kita yang selama ini masih belum sanggup bersaing di pasaran global. semoga harapan ini bisa terwujud.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s