Memimpikan Sepakbola Indonesia Seperti Eropa

Euro 2012 telah dimulai. Pesta sepakbola akbar antar negara di Eropa kini menjadi perhatian dunia. Hampir semua mata memperhatikan kemeriahan sepakbola di benua biru tersebut. Termasuk saya.

Saya sempat menonton sepakbola sampai larut malam. Sampai-sampai mata ini lelah karena memandang layar televisi bercampur dengan rasa kantuk. Pertandingan sepakbola yang disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta ini cukup meriah. Opening Ceremony-nya saja begitu bagus, apalagi dengan pertandingannya.

Pesta akbar sepakbola antar negara Eropa ini diadakan selama empat tahun sekali. Kali ini (tahun 2012) diadakan di dua negara. Sebagai tuan rumah yaitu negara Polandia dan Ukraina.

EURO 2012 – Poland Ukraine.
Sumber gambar : bursabandar.com

Para pemain bintang Eropa yang merumput di klub-klub besar di Eropa ikut memeriahkan pertandingan tersebut. Mulai dari Christiano Ronaldo dari Portugal, Robin Van Persie dari Belanda, Wayne Rooney dari Inggris, dan masih banyak lagi pemain bintang dari masing-masing negara.

Lapangan yang begitu bagus yang diperuntukkan untuk pertandingan membuat mata ini cukup betah untuk melihat. Lapangan yang hijau memang enak untuk dipandang. Kalau saya bandingkan dengan lapangan-lapangan sepakbola yang ada di Indonesia sangat berbeda jauh dari segi kualitas dan kapasitas lapangannya.

Ketika pertandingan sepakbola dimulai, para pemain masing-masing negara menampilkan permainan yang begitu bagus. Dilihat pun begitu indah. Operan atau umpan-umpan mereka, cara memainkan bola dari masing-masing pemain begitu apiknya. Saya memang bukanlah seorang pemain sepakbola. Saya adalah penikmat sepakbola saja. Tetapi saya mengerti tentang permainan sepakbola yang indah itu bagaimana, meskipun hanya sedikit saya mengerti.

Melihat permainan sepakbola Eropa yang begitu berkualitas, saya jadi teringat dengan pemain-pemain kita, pemain timnas Indonesia. Pemain kita saat ini belum menunjukkan permainan terbaiknya. Hal itu dibuktikan dengan gagalnya para pemain timnas kita untuk menyabet juara. Lihat saja pertandingan sepakbola di SEA Games 2011 waktu lalu. Indonesia dikalahkan oleh Malaysia. Gelar juara di depan mata harus hilang begitu saja karena disabet oleh Malaysia.

Indonesia masih kalah dengan Malaysia. Padahal Indonesia baru bertanding dengan negara-negara di Asia Tenggara. Itupun masih kalah. Bagaimana bila Indonesia bertanding dengan tim-tim dari Eropa? Pastilah dalam pertandingan akan terjadi ketidakseimbangan. Indonesia sangat jauh tertinggal kualitasnya dengan negara-negara di Eropa. Indonesia pasti begitu kesulitan untuk mengalahkan tim-tim dari Eropa.

Bila olahraga sepakbola kita ingin maju atau berkembang maka para pemainnya juga harus berlatih keras. Tidak hanya itu saja. Manajemen sepakbola timnas juga harus dikelola dengan baik. Bila kita melihat berita di televisi, para pengurus PSSI sering terjadi kemelut. Hal itu juga bisa menghambat perkembangan sepakbola kita.

Para pengurus PSSI seharusnya sadar akan perannya masing-masing. Jangan sampai terjadi ribut-ribut terus diantara pengurus. Alangkah baiknya pengurus PSSI mengelola dengan baik persepakbolaan kita.

Dari segi mental para pemain kita juga harus diperhatikan. Terkadang para pemain kita sering bertindak kasar dalam pertandingan. Pemain kita kadang bisa melawan wasit juga. Pemain tidak terima dengan keputusan wasit. Wasit yang notabene adalah pemimpin dalam pertandingan selayaknya dihormati. Saya kurang suka menonton pertandingan sepakbola Indonesia ya karena itu, sering terjadi keributan. Para pemain terkadang kurang sportif dalam bertanding. Bukan permainan yang indah yang mereka hadirkan, tetapi sebaliknya, permainan yang kurang berkualitas yang mereka hadirkan.

Pemain kita seharusnya sadar dengan polahnya. Mental bermain kasar perlu dihilangkan. Menghormati wasit jangan dilupakan. Sehingga mental pemain kita berubah menjadi lebih baik.

Saya memimpikan timnas kita seperti tim-tim di Eropa. Mereka menampilkan permainan sepakbola yang begitu indah. Kualitas pemainnya tidak diragukan lagi. Memang sulit untuk mewujudkan itu semua. Tetapi bila pengurus PSSI, pemain timnas kita berubah menuju ke arah yang baik, bukan tidak mungkin tim Indonesia akan bisa maju. Semoga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s