Ramadhan Tiba dan Budaya untuk Menyambutnya

Alhamdulillahirabbil ‘alamin. Akhirnya kita bisa bertemu kembali dengan bulan yang penuh rahmat. Bulan yang penuh kebahagiaan. Bulan yang penuh berkah. Yaitu di bulan Ramadhan. Kita sebentar lagi menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1433 H. Allah SWT masih memberi kita nikmat yang luar biasa banyaknya sehingga kita patut bersyukur kepada-Nya.

Bulan suci Ramadhan. Sumber gambar : keluarga-madinah.blogspot.com

Kita dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini dengan hati yang penuh suka cita. Di Indonesia mempunyai kebudayaan sendiri-sendiri dalam menyambut bulan Ramadhan. Di desa saya sendiri, desa Kartoharjo Kabupaten Ngawi khususnya dalam menyambut bulan puasa, pada sore harinya sebelum bulan Ramadhan datang, diadakan selamatan. Itu diadakan sebagai ungkapan rasa syukur kami kepada Allah SWT akan datangnya bulan Ramadhan.

Selamatan biasanya diadakan di masjid. Dulu biasanya diadakan di rumah bapak kepala dusun saat masih menjadi kepala dusun kami. Tetapi sekarang selamatan lebih diadakan di masjid.

Orang-orang membawa nasi beserta lauk pauknya untuk dibawa selamatan. Dengan diwadahi cethingan (Jawa), dibungkus dengan plastik kemudian dibawa untuk selamatan. Seorang pemimpin (Imam atau Kyai) memimpin berdo’a bersama-sama.

Bagaimana dengan desa Anda untuk menyambut datangnya bulan Ramadhan? Mungkin berbeda-beda tradisi dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan di setiap daerah. Indonesia kan mempunyai beragam tradisi atau budaya. Iya kan? Saya menasehati diri saya sendiri bahwa dalam menyambut bulan suci Ramadhan hendaknya dengan hati yang penuh suka cita.

Sekedar berbagi, saya tuliskan arti dari firman Allah SWT dalam surat Al Baqarah ayat 183 sebagai berikut :

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (QS. Al Baqarah : 183)

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati teman-teman, para pembaca. Dan apabila ada kesalahan dari saya, saya pribadi mohon maaf.

Marhaban ya Ramadhan. Selamat datang bulan suci Ramadhan. Dan selamat Menunaikan ibadah puasa.***

Udin Widarso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s