Kenapa Ada Terorisme?

Negara kita seakan-akan tak henti-hentinya mendapatkan gempuran cobaan. Berbagai persoalan di negeri ini terus menghadang kita untuk berpikir lebih maju lagi. Kita yang terus berusaha membangun negeri, tetapi ada orang lain atau pihak tertentu yang justru ingin menghancurkannya. Seperti persoalan terorisme yang terjadi baru-baru ini. Padahal kita tahu bahwa tindak terorisme itu sangat merugikan dan tentu sangat menyakitkan. Tapi mengapa kasus terorisme masih saja terjadi?

Terorisme menjadi ancaman cukup serius bagi Indonesia. Tindak pidana terorisme telah melukai dan bahkan membunuh sesama manusia. Manusia-manusia yang belum tentu berdosa pun harus meninggal akibat ledakan bom atau sejenisnya. Seolah para pelaku pengeboman mau menang sendiri. Para teroris itu tidak memiliki rasa peri kemanusiaan sama sekali. Bagaimana tidak? Seandainya mereka masih memiliki rasa peri kemanusiaan, pastilah mereka akan mencintai sesama. Mereka pasti tak akan membinasakan saudaranya sendiri jika mereka memiliki rasa kasih sayang.

Sumber gambar : tempo.co

Bukan kali pertama kasus terorisme ini terjadi. Sebelumnya pernah terjadi kasus terorisme yang mengakibatkan ratusan orang jiwanya melayang. Tidak sedikit orang yang menjadi korban aksi teror di sini.

Baru-baru ini terjadi aksi teror di Depok. Dari Tempo.co mengatakan : Tim Gegana Mabes Polri menemukan tiga senjata api, bom aktif, dan sejumlah bahan peledak di lokasi peledakan bom, Yayasan Yatim Piatu Pondok Bidara Jalan Nusantara, Beji, Depok, Minggu, 9 September 2012. Sebelumnya terjadi pula kasus teror di Solo yang mengakibatkan anggota kepolisian harus meregang nyawa. Pihak kepolisian pun juga menjadi target pengeboman. Dari Kompas.com (8/9) mengatakan bahwa target kali ini tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang lebih menyasar rumah ibadah. Target dari serangan teroris akhir-akhir ini adalah para penegak hukum yaitu anggota kepolisian.

Para teroris ada yang mengaku dalam melakukan tindakan terornya dengan mengatasnamakan Islam. Menurut saya itu sangat ironis sekali. Memang kenapa? Islam adalah agama yang rahmatan lilalamin. Islam mengajarkan kepada umatnya untuk saling mengasihi dan menyayangi. Islam tidak mengajarkan tindakan radikal, tindakan yang merusak, tindakan yang menghancurkan seperti aksi teroris tersebut. Para pelaku teroris tersebut justru tidak mencintai Islam. Mereka seenaknya saja berbuat semena-mena. Melanggar syari’at Islam yang sesungguhnya.

Tak hanya orang dewasa saja yang melakukan aksi teror, tetapi juga para pemuda ikut terlibat. Aksi terorisme paling anyar di Solo dalam beberapa hari terakhir semakin mengungkap jelas ancaman terorisme dan radikalisme di kalangan anak muda. Dari tiga nama yang dilansir pihak kepolisian dan diduga terlibat dalam aksi terorisme di Solo, mereka baru berumur belasan hingga 20-an tahun.

Bagiamanapun juga aksi teror itu sangat merugikan. Perlu tindakan untuk memberantas terorisme di Indonesia baik berupa tindakan preventif maupun represif. Tindakan preventif atau pencegahan bisa dilakukan misalnya dengan menamkan rasa kasih sayang, saling menghormati sesama manusia. Penanaman pendidikan agama (Islam) secara benar agar mencegah penyalahgunaan ajaran agama. Pemerintah juga bisa mengkampanyekan aksi perdamaian dan melarang tindakan brutal. Sedangkan tindakan represif bisa dilakukan misalnya dengan melakukan penangkapan pelaku teror. Menghukum dengan setimpal terhadap aksi yang dilakukannya. Dengan demikian para pelaku teror menjadi jera dengan perbuatannya.

Tak ada aksi teror yang menguntungkan. Maka dari itu perlu kerja sama kepada semua pihak untuk memberantas terorisme. Dengan demikian tidak akan tumbuh lagi teroris-teroris yang baru. Indonesia akan menjadi negara yang aman untuk kita tinggali bila terorisme sudah “mati”. Semoga saja. (*)

Udin Widarso

Satu pemikiran pada “Kenapa Ada Terorisme?

  1. alfian fahlevi

    kita garis bawahi ” Islam mengajarkan kepada umatnya untuk saling mengasihi dan menyayangi. Islam tidak mengajarkan tindakan radikal, tindakan yang merusak, tindakan yang menghancurkan seperti aksi teroris tersebut.” .
    sangat luar biasa , #saveislam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s