Mencetak Atlet Berprestasi

Indonesia saat ini sedang menggelar hajatan besar olahraga tingkat nasional. Tak tanggung-tanggung, setiap provinsi turut serta memeriahkan sebuah hajatan yang digelar setiap empat tahun sekali ini. Ya, inilah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII yang diselenggarakan di Riau. Ini juga menjadi sarana yang tepat untuk mencetak atlet berprestasi nasional. Diharapkan pula atlet yang berprestasi itu akan dapat mengharumkan nama Indonesia di tingkat internasional. Mengingat bahwa bangsa kita saat ini sedang mengalami krisis prestasi olahraga tingkat internasional.

Upacara pembukaan PON XVIII sudah resmi dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Riau pada 11 September 2012 lalu. Kita selayaknya mengucapkan selamat datang terhadap pesta Pekan Olahraga Nasional ini. Kita bisa mendukung atlet dari daerah masing-masing yang bertanding agar atlet kita bersemangat dan meraih juara.

PON XVIII 2012 Riau. Sumber gambar : ponriau2012.com

Pekan Olahraga Nasional (PON) adalah multi even olahraga nasional yang diselenggarakan 4 (empat) tahun sekali, dan merupakan titik kulminasi kegiatan keolahragaan dalam rangka peningkatan dan pengembangan prestasi olahraga nasional (www.ponriau2012.com). Nah, senada dengan itu juga terdapat dalam salah satu misi digelarnya PON Riau XVIII adalah untuk meningkatkan prestasi olahraga. Tentunya prestasi olahraga nasional kita. Itu merupakan aspek yang positif dari digelarnya pekan olahraga ini.

Kita masih ingat beberapa waktu yang lalu dalam pagelaran Olimpiade 2012 di London Inggris, prestasi olahraga kita sedang mengalami krisis. Kita sangat kesulitan sekali untuk meraih prestasi di tingkat internasional. Untuk mendapatkan medali perak saja, atlet kita mengalami kesulitan. Apalagi untuk meraih medali emas, atlet kita tentunya sangat kesulitan sekali.

Ini adalah waktu yang tepat untuk mencetak atlet yang berprestasi. Melalui PON ini, secara langsung kita dapat melihat potensi yang dimiliki oleh para atlet kita. Mereka yang meraih juara adalah mereka yang berprestasi. Atlet yang berprestasi itulah yang akan membela negara Indonesia di ajang olahraga tingkat internasional seperti pertandingan di Olimpiade.

Tentu tidak mudah untuk meraih prestasi di PON ini, apalagi di Olimpiade. Atlet dituntut untuk bersaing memperebutkan gelar juara. Diperlukan stamina yang ekstra dari para atlet. Untuk mewujudkan itu semua, diperlukan persiapan yang matang. Persiapan adalah hal yang penting yang dapat menentukan prestasi dari para atlet kita. Hal yang tidak bisa dilupakan adalah kerja keras dari para atlet. Latihan yang rutin dan berkesinambungan juga sebagai penentu atlet dalam meraih prestasi.

Tidak ketinggalan pula yaitu sang pelatih. Pelatih memegang peranan yang penting bagi atlet itu sendiri. Pelatih selain melatih, juga berperan sebagai motivator bagi sang atlet. Dengan memberikan motivator kepada atletnya maka sang atlet dapat bersemangat dan tak akan pantang menyerah. Hal itu akan memberikan dampak yang positif. Atlet itu sendiri menjadi tak gentar untuk melawan musuhnya. Musuh di sini adalah lawan tanding bagi sang atlet.

Yang tak bisa dilupakan untuk mencetak atlet berprestasi adalah pengurus cabang olahraga yang bersangkutan. Bisa kita ambil contoh adalah PSSI yang menaungi olahraga sepakbola kita. Bila pengurus cabang olahraga yang bersangkutan bermasalah, tentu hal itu akan mempengaruhi prestasi dari atlet-atletnya. Bila para pengurus sendiri saja terjadi konflik, bagaimana cabang olahraga itu akan maju? Kapan para pengurusnya mengurusi atletnya? Sangat disayangkan tentunya bila pengurusnya seperti itu.

Segenap rakyat Indonesia tentu berharap kepada para pengurusnya, dalam hal ini pengurus cabang olahraga, untuk mengakhiri konflik-konflik yang terjadi di organisasinya. Masalah yang terjadi di tubuh organisasi diharapkan cepat diselesaikan. Masyarakat gemas melihat para pengurus cabang olahraga bersangkutan terus-terusan berkonflik.

Kita selayaknya bersikap optimis agar prestasi olahraga kita menjadi lebih maju. Memang perlu kerja keras dan persiapan yang matang untuk mendapatkan/mencetak atlet-atlet yang berkualitas. Bila para atlet kita berkualitas maka mereka tak akan kesulitan untuk mengukir prestasi. Mereka akan siap menghadapi lawan-lawan level internasional. Krisis prestasi olahraga kita tak akan terjadi lagi. Indonesia akan harum namanya di dunia internasional. Semoga. ***

Udin Widarso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s