Mengisi Liburan Kuliah

Sudah beberapa minggu ini saya libur dari aktivitas perkuliahan kampus. Setelah UAS (Ujian Akhir Semester) V, biasanya memang libur di kampus saya. Liburnya sekitar satu bulan. Nah, liburan yang lumayan panjang itu, saya tinggal mengisi liburan itu dengan berbagai kegiatan. Tetapi kalau tidak ada kegiatan itu bagaimana?

Teman-teman (mahasiswa) pasti juga sama. Setelah UAS kemungkinan ada liburannya. Kecuali bagi mereka yang suka bermain di kampus, hehehe… Liburan akan menyenangkan bila kita isi dengan berbagai aktivitas yang tentunya juga menyenangkan kegiatannya. Daripada diam di rumah akan membuat kita bosan dengan itu-itu saja, alias tidak punya kegiatan.

Kampus saya adalah di STKIP PGRI Ngawi, yang notabene ada di kota kecil di Ngawi. Kampus saya memang swasta alias belum negeri. Tak heran terkadang liburannya tidak sama dengan kampus-kampus negeri yang lain. Kampus lain sudah masuk kegiatan perkuliahannya, di kampus saya masih liburan. Itu karena waktu ujiannya tidak sama dengan kampus-kampus lain di Ngawi sendiri atau di kota-kota besar lainnya.

Pada waktu liburan, kita mempunyai waktu luang yang lebih banyak daripada saat kita masuk kuliah. Otomatis kita bisa melakukan aktivitas di luar kegiatan perkuliahan. Kuncinya adalah memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Dengan kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin, maka kita bisa menghasilkan sesuatu. Dengan kata lain kita bisa produktif.

Bagi mahasiswa yang sudah bekerja (Alhamdulillah, seperti saya), itu bisa menjadi nilai plus. Beban di pikiran kita menjadi berkurang dibandingkan pada saat perkuliahan kita masuk. Sehingga kita bisa bekerja secara optimal. Pekerjaan lancar dan kita tidak terlalu kecapekan.

Di sisi lain, ada juga orang yang tidak memanfaatkan waktu luang yang tersedia. Mereka menjadi malas sehingga kurang produktif. Saya tidak menunjuk siapa-siapa. Saya akui, saya sendiri pun terkadang juga bermalas-malasan. Misalnya, pada saat liburan, saya mengisinya dengan menonton televisi saja di rumah. Tidak produktif kan?

Lalu bagaimana kita mengisi liburan agar kita tetap produktif? Seperti yang saya sampaikan di atas, kita memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kita mencari kegiatan yang produktif. Kegiatan yang produktif misalnya menulis. Seperti saya menulis postingan blog ini, hehehe… Tentu masih banyak kegiatan produktif yang lainnya, tak hanya menulis saja.

Sebenarnya kalau kita belum bisa produktif, kita bisa melakukan hal-hal yang positif lain. Melakukan kebaikan untuk orang lain, misalnya seperti itu.

Liburan itu identik dengan istirahat. Memang boleh dan diperbolehkan kita untuk istirahat pada waktu liburan. Tetapi kita tetap melaksanakan kewajiban kita. Supaya liburan kita menyenangkan tentunya. ***

Udin Widarso

Satu pemikiran pada “Mengisi Liburan Kuliah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s