Kelulusan SMA

Hari ini adalah hari pengumuman kelulusan ujian nasional tingkat SMA/sederajat. Baru saja saya mengambil hasil pengumuman kelulusan adik saya di sekolahannya, di MAN Ngawi. Alhamdulillah… ternyata adik saya lulus ujian. Pasti adik saya tersenyum senang mendengar hasil kelulusannya yang menyatakan bahwa ia lulus ujian. Tak hanya adik saya saja yang tersenyum senang mendengar hasil kelulusan ujian, masih banyak teman-temannya yang lain, bahkan se-Indonesia.

Sehabis saya mengambil surat pengumuman kelulusan adik saya, saya melihat banyak anak-anak yang merayakan kelulusan ujian. Tadi saya melihat anak-anak yang lulus (tidak saya sebutkan nama sekolahannya), melakukan konvoi di jalan. Mereka membunyikan sepeda motor keras-keras di jalan raya. Tak hanya itu saja, mereka pun mencorat-coret baju seragam sekolah mereka.

Sebahagia itukah mereka merayakan kelulusan ujian? Sebenarnya boleh-boleh saja merayakan kelulusan, tapi tak mesti berlebihan kan? Sampai-sampai mereka mencorat-coret baju mereka sendiri, yang semestinya bisa disumbangkan ke orang-orang yang tidak mampu kalau bajunya tidak dipakai lagi. Ya, minimal baju itu masih bisa dipakai di rumah kalau sudah lulus.

Setelah lulus sekolah, apakah ujian sudah berakhir? Belum. Masih banyak tantangan yang perlu dihadapi di masa depan, tentunya ujian belum berakhir. Apa yang perlu dilakukan setelah lulus sekolah? Apakah diam di rumah? Apakah melanjutkan lagi ke perguruan tinggi? Atau apakah langsung bekerja? Nah, itulah pertanyaan yang perlu dijawab oleh adik-adik kita setelah lulus sekolah.

Baiklah, setelah lulus dari sekolah, semoga kalian menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa. Semoga kalian dan kita semua berhasil meraih impian. Aamiin.

Tinggalkan Balasan

