Indonesia Merdeka : Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia ke-68

Ada peristiwa yang istimewa bagi negara kita tercinta, yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus ini. Benar sekali, hari ini kita memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-68. Bendera merah-putih pun dikibarkan. Lagu kebangsaan kita, Indonesia Raya juga didengungkan. Semuanya menjadi satu untuk memperingati hari bersejarah ini, yang menjadi tonggak berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia. Merdeka!

Bendera merah-putih tak henti-hentinya berkibar. Di kantor-kantor, sekolahan-sekolahan, juga di pinggir jalan bendera merah-putih dipasang. Entah di kota maupun di desa, bendera merah-putih menghiasi udara.

Bagaimana cara kita mengisi kemerdekaan ini? Generasi sekarang berbeda dengan generasi terdahulu ketika Indonesia baru merdeka. Pada saat Indonesia baru merdeka, masih terdapat sisa-sisa penjajah yang ingin menguasai negara ini kembali. Tentu generasi terdahulu masih bersahabat dengan bambu runcing ataupun senjata. Itu digunakan untuk berperang melawan penjajah dan untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diraih bangsa ini.

Generasi sekarang ini tak lagi bertempur melawan penjajah secara langsung seperti generasi pada awal Indonesia merdeka. Kita saat ini berada di tahun 2013, yang alat-alatnya serba modern. Alat elektronik serba modern. Alat komunikasi juga serba modern. Kita tidak mengalami masa-masa yang susah payah. Nasi, buah-buahan, beraneka minuman, beraneka makanan pun tersedia. Semua itu mudah didapat karena kita sudah merdeka. Kalau pada masa penjajahan dulu, itu semua tentu sulit didapat. Makan seadanya. Terkadang sehari ada yang tidak makan.

Kita wajib bersyukur atas nikmat kemerdekaan ini. Kemerdekaan Indonesia ini merupakan berkah rahmat dari Allah SWT, sesuai dengan yang ada dalam Pembukaan UUD 1945. Kemerdekaan ini diperoleh dengan jalan berjuang memerangi penjajahan melalui para pahlawan kita.

Kita sebagai generasi masa kini perlu mengisi kemerdekaan ini dengan perjuangan. Tetapi perjuangan kita berbeda dengan perjuangan generasi masa lalu. Sebagai seorang pemuda, kita bisa berkarya sesuai dengan kemampuan kita. Misalnya saja berkreasi menghasilkan teknologi inovasi yang berguna bagi masyarakat, mengabdi kepada masyarakat dan lain sebagainya. Bagi adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah, kalian bisa mengisi kemerdekaan dengan giat belajar, giat menuntut ilmu sehingga bisa membahagiakan kedua orang tua, lebih-lebih memberikan kebanggaan bagi negara ini. Yang intinya kita bisa memberikan manfaat bagi negara kita tercinta.

Bila kita dapat memberikan manfaat kepada masyarakat, lebih-lebih kepada bangsa dan negara, kita berarti berjuang mengisi kemerdekaan yang telah kita raih, dan kita turut menghargai perjuangan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita.

Saya ucapkan sekali lagi, dirgahayu kemerdekaan Indonesia ke-68. Mari kita isi kemerdekaan ini dengan karya kita. Karya untuk bangsa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s