Laki-laki yang Merokok Sembarangan

Beberapa hari yang lalu ketika saya mengisi bensin di pom bensin dekat terminal lama Ngawi, saya melihat seorang laki-laki (bapak-bapak) yang juga mau mengisi bensin di situ. Melihat gayanya, dia seperti preman lagaknya. Badan lumayan kekar dengan dandanan rambut yang semrawut.

Bukannya kenapa-kenapa dengan gayanya. Tapi dia sempat membuat saya kesal dengan tingkahnya. Pun pelayan pom bensin di situ juga kesal dengannya. Kenapa? Dia menghisap rokok di saat memasuki area pengisian bensin di pom bensin itu.

Jelas bahwa di area pengisian bahan bakar minyak (BBM) setiap orang yang masuk ke sana dilarang untuk merokok. Karena hal itu dapat menyebabkan meledaknya atau terbakarnya SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum). Namanya bahan bakar maka barang seperti itu tentu mudah terbakar. Uap bensin kalau kena percikan api bisa saja terjadi kebakaran.

Okelah kalau laki-laki itu hobinya merokok. Tapi harus memperhatikan lingkungan sekitar. Apakah di lingkungan itu diperbolehkan untuk merokok atau dilarang untuk merokok. Karena kalau kita melanggar aturan bisa-bisa tak hanya merugikan diri sendiri, tetapi juga akan merugikan orang lain.

Melihat laki-laki seperti itu untungnya pelayan di pom bensin langsung tanggap untuk menyuruhnya mematikan dan membuang puntung rokoknya. Kemudian ia berjalan sambil lalu membuang puntung rokoknya. Dan syukurlah di pom bensin itu tidak terjadi apa-apa.

Nah, buat para perokok hendaknya berpikirlah sebelum merokok. Mana tempat yang diperbolehkan untuk merokok, mana tempat yang dilarang buat merokok. Jangan sampai buat para smoker sekalian meniru laki-laki itu. Kalau di SPBU jelas di sana dilarang merokok. Entah ada tulisan ‘No Smoking’ atau tidak, tetap dilarang buat merokok. Makanya jangan merokok sembarangan! Dan juga merokok itu mengganggu kesehatan lho…šŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s